Aneka Usaha Dekat Bandara yang Bisa Membuat Anda Kaya-raya




Pusat keramaian adalah sumber rejeki. Soalnya, ada banyak orang di sana dengan segala kebutuhannya. Nah, memenuhi kebutuhan orang-orang adalah peluang usaha paling jitu bin gampang dijadikan ide usaha. Apa saja tempat keramaian yang menjanjikan peluang usaha? Bisa apa saja seperti kampus, pasar atau bandar udara.

Nah, untuk Desa Karangwuni, keramaian itu sudah jelas di dekat mereka. Soalnya desa ini berada dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta. Asal Anda tahu, bandara ini beroperasi 24 jam alias tanpa henti. Bandara ini juga memiliki fasilitas yang luar biasa. Inilah salahsatu bandara yang bisa didarati pesawat raksasa seperti Airbus A380 atau Boeing 747. Lalu apa yang bisa dipanen dari keramaian seperti bandara?

Ada banyak sekali. Soalnya bandara ini mendatangkan ribuan orang orang setiap hari. Mereka datang dan pergi membelah angkasa melalui pesawat terbang yang menukik dan terbang dari bandara ini. Sudah jelas ribuan penumpang ini membutuhkan banyak hal begitu sampai di sini. Itu baru penumpang pesawatnya. Tunggu dulu!

Untuk memenuhi kebutuhan ribuan orang setiap hari di sebuah bandara tentu saja ada banyak sekali pekerjaan. Mulai dari pegawai kebersihan, pengelola bangunan, petugas administrasi dan para pegawai maskapai yang membuka lokatnya di sini. Belum lagi yang mengurus kargo, teknisi pesawat, para penjemput, para pebisnis tranpsortasi dan berbagai kebutuhan lainnya. Ingat, mereka semua tumplek-blek di tempat ini. Dengan mudah kita simpulkan, ada ribuan orang pula yang bekerja di tempat ini.

Nah, sekarang Anda tinggal memilih, siapa yang kira-kira yang kebutuhannya bisa Anda layani. Coba Anda rinci satu persatu kelompok-kelompok orang ini. Penumpang pesawat misalnya. Para penumpang pesawat bak raja di tempat ini. Maka tentu saja pelayanan premium alias tingkat tinggi yang mereka butuhkan.

Soalnya, para penumpang pesawat sudah tentu orang-orang yang memiliki cukup uang untuk membeli tiket pesawat yang tidak murah itu. Maka sudah pasti pula mereka menginginkan pelayanan yang paling utama, mewah dan mahal untuk segala kebutuhannya. Pingin bukti? Silakan saja pergi ke kafe atau tempat minum kopi di Bandara dan lihatlah berapa rupiah yang harus Anda keluarkan untuk satu cangkir kopi saja. Dijamin Anda bakal menyesal telah meminumnya.

Jika Anda menyasar kelompok ini, maka Anda harus siapkan fasilitas yang aduhai, mewah dan berkelas tentu saja. Misalnya menyediakan penginapan maka haruslah berkelas hotel berbintang. Jika menawarkan kuliner maka haruslah restoran dengan tempat yang cozy dan beragam menu makanan yang berkualitas cita rasanya.

Maka sudah jelas, memasuki segmen ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi hebatnya kelas ini adalah, mereka mampu membayar berbagai layanan dengan biaya tinggi sehingga keuntungan yang Anda bakal raih juga luar biasa. Tapi ingat, bisnis di kelas ini bakal sebanding dengan modal yang harus Anda keluarkan. Jika untung bakal besar, jika rugi bakal bikin ngeri.

Bagaimana dengan segmen lainnya?

Ada beberapa segmen yang lain. Pertama, segmen para pegawai bandara. Segmen inipun terdiri dari beberapa lapisan sesuai struktur kerja mereka. Maksudnya, seorang Manajer atau kepala bagian tentu saja memiliki pendapatan berbeda dengan para pekerja di struktur bawahnya. Seorang manajer atau kepala bagian mungkin akan membeli rumah, tanah atau perumahan di dekat bandara. Tapi para pekerja pada struktur di bawah akan memilih untuk kost atau mengontrak rumah bersama teman-temannya.

Nah, orang-orang ini pasti akan mencari tempat kost atau kontrak rumah yang dekat dengan bandara. Karangwuni adalah salahsatu desa yang hanya butuh hitungan menit dari pintu gerbang bandara. Karangwuni sangat prospektif menjadi kawasan pegawai bandara untuk tinggal. Maka membuka rumah kos adalah peluang usaha yang menarik di sini.

Menyediakan kamar kost juga bisa dibuat berkelas-kelas. Mulai dari kamar dengan ukuran besar, kamar mandi dalam, ada kasur lemari atau ruangan 3x3 kosong tanpa isi. Kamar mandi di luar beramai-ramai. Kelengkapan fasilitas seperti halaman parkir, ruang dapur bersama, AC dan berbagai kelengkapan akan menjadi penentu harga bulanan sewa kamar-kamar ini.

Ketika kampung Anda menjadi tempat kost banyak orang maka yang mereka butuhkan adalah makanan. Warung makan adalah yang mereka butuhkan. Lagi-lagi, ada banyak kelas di dalam bisnis kuliner ini. Anda bisa mendirikan warung makan dengan interior hebar, parkir luas dengan menu super lengkap dan pelayan yang sigap. Tapi Anda bisa pula mendirikan warung kecil dengan hanya berisi 10 tempat duduk, sistemnya prasmanan dan hanya menggunakan ruangan bekas garasi.

Kedai kopi juga menjadi peluang yang menarik. Soalnya, kalau banyak anak muda berkumpul maka mereka suka berkumpul di tempat yang asyik untuk bercengkerama. Kedai kopi adalah tempatnya. Siapa sih anak muda yang tak suka ngopi? Apa pula yang mereka akan lakukan ketika malam tiba dan seharian lelah bekerja? Nongkrong di kedai kopi adalah jawabannya.

Untuk bisnis kedai Anda butuh tempat yang asyik, akan lebih baik jika ada Wifi dan menyediakan beberapa menu yang harus berbeda dengan warung makan. Bisnis kedai kopi cukup menjanjikan untung ketimbang tempat makan biasa. Tapi memiliki tantangan yang lebih serius untuk urusan pelayanan dan modalnya.

Itulah beberapa inspitasi usaha yang bisa Anda pilih jika Anda tinggal di kawasan dekat keramaian bandara. Agar lebih yakin dengan usaha yang akan Anda jalankan, ada baiknya Anda datang ke bandara yang sudah berjalan misalnya Bandara Adi Sutjipto yang kini sudah tak seramai dahulu. Untuk sekedar melihat apa saja jenis usaha yang ada di sekitar bandara dan keramaian seperti apa yang akan tercipta oleh kahadiran bandara. Selamat memulai! (adji/karangwuni.id)

Foto: Istimewa

 

 

 

 

Berita terkait